Sudah Berusia 30 Tahun, Masih Bisakah Masuk Sekolah Pilot?

Syarat Masuk Sekolah PilotBiaya pendidikan di sekolah pilot tidak dapat dipungkiri dan bukan rahasia lagi sangat mahal, tepatnya sekitar 600 juta ke atas. Atas dasar inilah, terkadang sebagian orang memutuskan untuk mengumpulkan dana terlebih dahulu selain melakukan pinjaman di bank. Sayangnya, mengumpulkan dana sebanyak itu tidaklah mudah terlebih jika penghasilan minim. Lantas, bagaimana jika dana terkumpul di usia 30 tahun, apakah masih bisa masuk sekolah pilot? Rata-rata sekolah pilot mensyaratkan calon siswa berusia minimal 17 tahun & maksimal 35 tahun, jadi masih ada kesempatan masuk sekolah pilot di usia 30 tahun. Dengan catatan:

Secara kemampuan bahasa Inggris oke

Bagaimana kemampuan bahasa Inggris Anda? Sudah oke atau belum? Kalau sudah oke tidak perlu takut mendaftar di usia 30 tahun. Kemampuan bahasa Inggris yang oke, salah satu modal utama untuk bisa masuk sekolah pilot. Dalam proses belajar mengajar instruktur penerbangan bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris terutama jika instruktur penerbangan asing atau di sekolah pilot luar negeri. Selain buku panduan memang menggunakan bahasa Inggris, tujuan lainnya untuk melatih ketika cadet telah lulus dari sekolah pilot & menjadi pilot di airline yang wajib menggunakan bahasa Inggris ketika berkomunikasi dengan pihak ATC. Seperti kata pepatah “setajam-tajamnya pisau, kalau tidak diasah pasti akan bakalan tumpul”, demikian pula dengan kemampuan bahasa Inggris, kalau tidak diasah lama-lama bakal menurun. Untuk itu, berlatih terus meski kemampuan bahasa Inggris sudah oke.

Secara kesehatan masih prima

Semakin bertambah usia, kondisi kesehatan bisa dibilang mulai menurun. Kepadatan tulang mulai menurun sehingga rentan nyeri tulang terutama saat melakukan gerakan yang berlebihan. Penyakit jantung sangat beresiko karena plak di pembuluh darah telah menyumbat terlebih di usia muda punya pola makan tak sehat. Akan tetapi, semua ini tidak akan terjadi jika peduli terhadap kesehatan. Jika ingin masuk sekolah pilot untuk bisa jadi pilot, pastikan jaga kesehatan dengan baik. Caranya sangat sederhana, Anda dituntut rutin berolahraga, hindari makanan berlemak tinggi, tidur yang cukup, dan hindari stres. Meski telah berusia 30 tahun, Anda masih punya kesehatan yang prima sehingga bisa lolos tes medical examination di Hatpen. Apabila Anda memiliki masalah pada warna sebaiknya batalkan untuk mendaftar karena tidak ada lagi peluang lolos.

Secara bakat terbang terlihat

Selain tes kesehatan, calon siswa sekolah pilot juga bakal mengikuti tes bakat terbang atau aptitude test. Tes bakat terbang ini ada yang menggunakan pesawat terbang sungguhan seperti Cessna dan ada yang menggunakan simulator (tergantung sekolah pilot). Kalau menggunakan pesawat terbang sungguhan bermesin tunggal (pesawat latih yang umumnya di sekolah pilot), instruktur penerbangan bakal mengajak Anda mengudara. Di sini bakal terlihat, apakah takut ketinggian atau tidak. Jika takut ketinggian, bagaimana bisa diloloskan? 😀 Kalau menggunakan simulator (alat peraga di dalam kokpit pesawat & memberikan gambaran layaknya di landasan pacu serta udara), calon siswa bakal diminta menjaga ketinggian pesawat, membelokkan pesawat kiri atau kanan, dsb. Meski tidak menjadi prioritas utama, setidaknya Anda punya nilai lebih yang bisa dipertimbangkan 😀

Tidak masalah kalau baru bisa mendaftar di sekolah pilot pada usia 30 tahun. Masih berpeluang besar terlebih jika memenuhi kriteria di atas. Akan tetapi, kemungkinan bakal kalah saing dengan lulusan yang masih fresh (usia 18 atau 20 tahun-an) saat melamar kerja di maskapai penerbangan. Untuk itu, sedini mungkin lakukan perencanaan keuangan agar bisa mendaftar di sekolah pilot saat usia 17 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *